Desa Wisata Lubuk Resam

 


Desa Wisata Lubuk Resam berada di Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Desa Wisata Lubuk Resam memiliki kombinasi wisata berbasis alam dan berbasis budaya. Di sektor wisata ada daya tarik wisata berbasis alam, seperti: sumber air panas, kolam pemandian air panas, air sungai seluma (potensi arung jeram keluarga), air terjun, lokasi bumi perkemahan, batu tawas/ batu belerang dan goa,

Ada juga wisata berbasis budaya kearifan lokal masyarakat, seperti: tradisi Zikir Sarafal Anam, Tari Adat Rendai/ Tari Ulu, Kerilu, Gitar Tunggal, Rejung, Numbuk Kopi Tigo Antan dan Sepakbola Ingkau. Selain menyajikan wisata berbasis alam dan budaya, Desa Lubuk Resam juga saat ini memiliki 1 objek yang tidak kalah menarik, yakni budi daya inang Bunga Rafflesia. Bunga langka yang selama ini tumbuh liar dan tidak bisa diprediksi kapan mekar. 

Kemudian secara kelembagaan Pokdarwis Desa Lubuk Resam dibentuk pada tahun 2016. Kemudian Bupati Seluma menerbitkan Keputusan Bupati Seluma Nomor 900 - 415 TAHUN 2022 tentang Penetapan Desa Wisata di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma, yang isinya sudah mencantumkan Desa Lubuk Resam sebagai Desa Wisata. Saat ini sudah dikenal dengan nama Desa Wisata Lubuk Resam.

Saat ini jumlah penduduk Desa Lubuk Resam 1.231 jiwa (ada 354 Kepala Keluarga dan 135 warga miskin). Mayoritas mata pencaharian penduduk adalah petani kopi dan sawah. Sekitar tahun 1990-an masyarakat melihat potensi wisata yang ada di desa, seperti goa dan sumber air panas. Sekitar bulan Februari tahun 2006 Bupati Seluma pertama yakni Bapak Murman Efendi mencanangkan program ‘SELUMA MENYALA’ sebagai bentuk sosialisasi pariwisata. Dihadiri artis nasional, seperti Krisdayanti, Anang Hermansyah, Tukul Arwana, Miing dan lain-lain.

Komentar